Arab Saudi Serukan Jatuhkan Sanksi ke Israel

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Faisal bin Farhan, menyerukan agar Israel dijatuhi sanksi terkait kejahatan perang yang dilakukan dalam perang Gaza. Seruan ini disampaikan Faisal bin Farhan dalam sebuah panel di European Council on Foreign Relations (ECFR) di Madrid pekan ini. Pernyataan ini menunjukkan sikap tegas Arab Saudi terhadap penjajahan Israel di Jalur Gaza.

Faisal bin Farhan menekankan bahwa tentara Israel setiap hari melanggar prinsip-prinsip hukum kemanusiaan internasional di Gaza. Menurutnya, negara-negara Barat bisa dengan mudah menjatuhkan sanksi untuk mencegah kejahatan serupa terulang di kemudian hari. “Mudah sekali bagi Eropa yang ingin fokus pada isu kemanusiaan untuk setidaknya meminta pertanggungjawaban pada Israel agar memenuhi tanggung jawabnya pada warga sipil Gaza untuk mendapatkan akses kemanusiaan yang dibutuhkan,” kata Faisal bin Farhan.

Menurut Faisal bin Farhan, sebagian besar komunitas internasional setuju bahwa solusi permanen bagi konflik Israel-Palestina adalah solusi dua negara. Namun, beberapa negara memilih diam ketika menyangkut solusi ini, sehingga Tel Aviv terus memperluas aktivitas pendudukannya di wilayah Palestina.

Arab Saudi juga mengutuk serangan berdarah yang dilakukan Israel di teritorial Palestina selama sembilan bulan terakhir. Kerajaan yakin bahwa Tel Aviv telah melakukan kejahatan perang. Pernyataan ini merupakan ucapan paling keras yang mewakili posisi Arab Saudi saat ini.

Sumber Foto: Anadolu Agency

Reviews

0.0

User Score

0 ratings
Rate This

Sharing

Leave your comment