Heboh Lencana “Peta Israel Raya”, Klaim Wilayah dari Saudi hingga Yordania

Lencana bertuliskan “Peta Israel Raya” menjadi sorotan hangat di media sosial setelah beredarnya foto pasukan Zionis memakai seragam yang dilengkapi logo atau lencana tersebut. Lencana itu tampak mencakup wilayah yang jauh lebih luas dari peta Israel saat ini, termasuk bagian dari Arab Saudi hingga Yordania.

Menurut laporan Middle East Monitor (MEMO) pada Rabu (19/6), lencana di seragam IDF (Israel Defense Forces) ini memicu kemarahan warga Arab. Beberapa pihak menilai peta tersebut merupakan bukti ambisi ekspansionis Israel, sementara yang lain menyamakan tindakan ini dengan ambisi kekaisaran dalam sejarah.

“Sepertinya Israel sedang mencoba melakukan hal-hal yang bersifat Nazi mengenai ‘Israel Raya’,” kata salah satu netizen seperti dikutip CNN Indonesia.

Peta pada lencana tersebut tidak hanya mencakup Arab Saudi dan Yordania, tetapi juga sebagian Irak, Lebanon, Suriah, Mesir, dan tentunya Palestina. Konsep “Israel Raya” sendiri berakar pada interpretasi tertentu terhadap ideologi Zionis, yang menyatakan bahwa “tanah perjanjian” dalam Alkitab terbentang dari Sungai Nil di Mesir hingga Sungai Eufrat di Irak, dan dari Sungai Litani di Lebanon hingga Madinah di Arab Saudi.

Foto lencana dengan peta ekspansif tersebut menimbulkan reaksi beragam di media sosial. Beberapa netizen menyamakan tindakan ini dengan konsep “Lebensraum” yang diusung Nazi Jerman, yang berarti ruang hidup bagi ras terpilih. Mereka melihat ini sebagai langkah agresif Israel yang bertujuan memperluas wilayahnya dengan cara yang tidak sah.

Konsep ini telah menjadi kontroversi sejak Israel didirikan. Para pendukung Zionis memandang penafsiran ini sebagai ramalan agama, sementara para kritikus mengutuknya sebagai dalih untuk melakukan ekspansi dan memperluas kedaulatan Israel.

Sumber Foto: adda247

Reviews

8.8

User Score

6 ratings
Rate This

Sharing

Leave your comment