Menlu Retno Marsudi: Ada Upaya Sistematis dari Israel untuk Menghilangkan Palestina

Yogyakarta – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, mengungkapkan kekhawatiran bahwa ada upaya sistematis yang dilakukan oleh Israel untuk melemahkan posisi Palestina. Berbicara dalam kuliah umum bertajuk “Diplomasi Indonesia untuk Palestina: All Eyes on Rafah” di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Retno menyebutkan beberapa contoh tindakan Israel yang mengarah pada “penghabisan” secara strategis terhadap Palestina.

Menurut Retno, salah satu taktik yang digunakan adalah pelemahan badan bantuan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dengan cara menuduh beberapa stafnya terlibat dalam serangan Hamas. “Salah satu upaya pelemahan yang dilakukan kepada UNRWA adalah dihentikannya bantuan kemanusiaan oleh negara-negara donor kepada UNRWA, terutama dari Amerika Serikat,” kata Retno, seperti dikutip dari siaran langsung di kanal YouTube Fisipol UGM pada Senin (3/6/2024).

Pada Januari 2024, Israel menuduh 12 dari 13 ribu staf UNRWA di Gaza terlibat dalam serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober 2023. Tuduhan ini menyebabkan 16 negara, termasuk Amerika Serikat, menghentikan pendanaan sebesar USD 450 juta untuk UNRWA, yang kemudian menghambat operasi UNRWA di Palestina.

Retno juga menyoroti penelitian independen yang dipimpin oleh mantan Menteri Luar Negeri Prancis, Catherine Colonna. Penelitian tersebut menemukan bahwa UNRWA lebih netral dibandingkan dengan organisasi PBB lainnya, meskipun ada masalah terkait netralitas dari beberapa stafnya.

Retno mengatakan bahwa pelemahan UNRWA dilakukan sebagai upaya strategis Israel untuk menghilangkan isu pengungsi dan hak untuk kembali (right of return) bagi para pengungsi Palestina dan keturunan mereka. “Kalau kami lihat kenapa upaya pelemahan UNRWA dilakukan, tentunya dampaknya tidak hanya memperburuk pelayanan kepada para pengungsi. Tetapi secara sistematis dan strategis memang dilakukan oleh Israel untuk meniadakan isu pengungsi,” jelasnya.

Indonesia, lanjut Retno, terus berkomitmen mendukung Palestina dengan beberapa langkah, seperti mendorong gencatan senjata segera dan permanen, mendukung UNRWA, memberi bantuan kemanusiaan ke Gaza, memastikan Israel mematuhi perintah Mahkamah Internasional (ICJ), dan mendorong lebih banyak negara mengakui Palestina.

Sumber Foto: Kemlu RI

Reviews

0.0

User Score

0 ratings
Rate This

Sharing

Leave your comment