Militer Israel Siap Luncurkan Serangan Terhadap Hizbullah di Lebanon

Kepala Staf Militer Israel, Herzi Halevi, menyatakan bahwa Israel siap melancarkan serangan terhadap Hizbullah di Lebanon dan sedang mendekati titik keputusan terkait hal ini.

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah penilaian situasi di perbatasan utara Israel bersama dengan Eyal Kaspai, Komisaris Otoritas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional Israel, serta beberapa pemimpin militer lainnya.

Sejak Minggu lalu, pemukiman dan kota-kota di utara Israel mengalami kebakaran akibat peluncuran roket dan drone bermuatan bahan peledak oleh Hizbullah dari Lebanon. “Kami mendekati titik di mana keputusan harus dibuat, dan militer Israel siap serta sangat siap untuk keputusan ini,” kata Halevi pada Selasa (4/6/2024).

Halevi menambahkan bahwa Israel telah melakukan serangan selama delapan bulan terakhir dan Hizbullah telah membayar harga yang sangat tinggi. “Kami telah meningkatkan kekuatan kami dalam beberapa hari terakhir dan siap setelah melalui proses pelatihan yang sangat baik… untuk bergerak ke arah serangan di utara,” tambahnya.

Ia juga menegaskan bahwa Israel memiliki pertahanan yang kuat dan kesiapan untuk menyerang. Sementara itu, tim pemadam kebakaran Israel terus berupaya memadamkan kebakaran di Keren Naftali dan hutan di area Birya dekat kota Safed di Galilea Atas, yang dipicu oleh serangan roket Hizbullah pada hari Selasa.

Surat kabar Haaretz mengutip Boris Eisenberg, kepala stasiun pemadam kebakaran Tiberias, yang mengatakan bahwa “kebakaran telah menghanguskan sekitar 1.000 hektar lahan. Menurut perkiraan, bersama dengan kebakaran di Dataran Tinggi Golan, lebih dari 2.500 hektar hutan dan lahan hijau terbakar, sepertiga dari wilayah itu merupakan bagian dari cagar alam.”

 

Sumber Foto: Anadolu Agency

Reviews

0.0

User Score

0 ratings
Rate This

Sharing

Leave your comment