Peringatan 1 Muharram 1446 H, Jusuf Kalla Ajak Masyarakat Tingkatkan Pengetahuan Untuk Perubahan Kehidupan yang Lebih Baik

Bogor, – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK), menyampaikan pesan-pesan moral dalam peringatan Tahun Baru Islam 1446 H. Ia menyinggung dua hal yakni betapa pentingnya gerakan memakmurkan masjid serta peningkatan kualitas kehidupan manusia melalui pendidikan.

“Saya tak pernah bosan untuk mengajak seluruh masyarakat untuk memakmurkan masjid serta meningkatkan kualitas hidup melalui pendidikan,” kata JK di Masjid Baitul Ikhsan, Desa Cilaku, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Minggu, 7 Juli 2024.

Ia menambahkan, masjid merupakan simbol persatuan umat Islam. Masjid juga tidak membeda-bedakan antara satu umat islam dengan umat islam lainnya. Semangat itu, kata JK, berbeda dengan agama lainnya, yang kadang berbeda aliran berbeda tempat ibadahnya.

Dengan alasan itu, JK menegaskan, keberadaan masjid bisa menjadi kemajuan bangsa serta peningkatan ekonomi masyarakat. “Masjid jangan hanya jadikan tempat ibadah dan zikir saja, tapi juga harus menjadi pusat pendidikan. Kita juga harus memakmurkan masjid tapi juga masjid harus bisa memakmurkan masyarakat di sekitar masjid” ujar JK.

“Jadi masjid juga memiliki fungsi untuk peningkatan ekonomi masyarakat sekitarnya,” imbuhnya.

Selain memakmurkan masjid, Wakil Presiden ke 10 dan 12 juga menyinggung pentingnya meningkatkan pengetahuan umat Islam. Bagi JK, pengetahuan adalah kunci untuk meninggikan derajat manusia.

“Tanpa pengetahuan kita tidak bisa berbuat apa-apa. Pengetahuan yang tinggi akan meningkatkan kualitas kehidupan kita,” tegas JK.

Olehnya itu, JK mendorong agar masyarakat Indonesia tidak pernah bosan mengejar ilmu setinggi-tingginya demi kehidupan yang lebih baik.

Selebihnya, dimoment Tahun Baru Islam 1446 H, JK menyampaikan pesan agar menjadi jalan untuk mensyukuri seluruh hal yang tekah dicapai dalam satu tahun sebelumnya. Selain itu, JK berharap dan mendoakan agar bisa mewujudkan dan menggapai cita-cita yang diimpikan.

“1 Muharram ini mari kita berdoa dan bersyukur untuk semua yang telah dicapai dan berdoa untuk pencapaian yang lebih baik di masa depan,” pungkas JK.(*)

Reviews

0.0

User Score

0 ratings
Rate This

Sharing

Leave your comment