Sekjen Kemenag Lepas Keberangkatan 573 Petugas Haji Daerah Kerja Mekkah Saudi

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani, melepas sebanyak 573 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), untuk daerah kerja Mekkah, Arab Saudi, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Pelepasan petugas haji Daker Mekkah dilaksanakan pada Rabu (15/05/24) pagi ini.

Ali Ramdhani menyebut, petugas haji nantinya akan mengemban beberapa amanah, seperti perlindungan, pelayanan, dan pembinaan terhadap Calon Jemaah Haji (CJH) Indonesia. Sementara dalam hal pembinaan, petugas harus mampu memfasilitasi para jemaah agar mereka dapat menuntaskan ibadah haji sesuai dengan syariat.

Sekjen Kemenag berharap, penyelenggaraan haji tahun ini dapat dilaksanakan secara baik sesuai dengan syariah, dan mengutamakan aspek kemanusiaan yaitu kesehatan dan kenyamanan jemaah. Pada kesempatan yang sama, ia menyampaikan bahwa pendanaan petugas haji tidak melibatkan dana dari jemaah, melainkan pendanaan itu sudah disiapkan oleh negara untuk petugas.

”Saya perlu sampaikan bahwa pendanaan untuk petugas ini tidak menggunakan dana jemaah, tetapi menggunakan dana terpisah yang disiapkan oleh negara untuk digunakan oleh para petugas, Jadi jangan salah paham kalau petugas ini dibiayai oleh jemaah, tidak benar” kata Ali Ramdhani.

Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Arsyad Hidayat menambahkan, keberangkatan untuk petugas daerah kerja Mekkah, ada sebanyak 157 dari bidang Kesehatan. Sementara sisanya dari Kementerian Agama, untuk seluruh bidang pelayanan diberangkatkan hari ini.

Operasional perhajian di Makkah rencananya akan mulai berlangsung pada 21 Mei 2024. Ini akan ditandai dengan pergerakan jemaah haji Indonesia dari Madinah menuju Makkah.

Reviews

9.5

User Score

2 ratings
Rate This

Sharing

Leave your comment